Sabtu, 08 Desember 2012

EDUCATION WITH TRAVELING
Kalian pasti bosan kan kalau dalam melakukan pembelajaran terus-menerus selalu di dalam kelas? Kalian pasti ingin kan pembelajaran dengan suasana yang berbeda dari biasanya? Pilihan yang paling tepat adalah education with traveling.
Setiap orang pasti punya rasa bosan pada sesuatu, untuk mengatasi rasa bosan dan biasanya mengantuk saat pembelajaran kita butuh pemandangan dan suasana yang menarik serta berbeda dari biasanya. Jika suasana pembelajaran menyenangkan pasti kita akan lebih bersemangat lagi dan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Pembelajaran gak mesti harus dilakukan di dalam kelas kan? Pembelajaran juga tidak selalu harus menulis, menulis dan menulis materi. Juga tak selalu mendengarkan dan mendengarkan ataupun harus selalu membaca materi terus menerus. Pembelajaran juga bisa dilakukan di luar kelas seperti melakukan praktik di ruang praktik, melakukan penelitian di lapangan, penelitian dengan mengunjungi suatu tempat atau bisa juga latihan bermain musik di taman dengan suasana yang lebih segar.
Dengan pembelajaran di luar kelas akan memberikan suasana yang baru dan mendapatkan pengetahuan yang lebih luas lagi karena kita terjun langsung ke lapangan dari pada hanya pembelajaran di dalam kelas dan mengetahui teori-teorinya saja.
Misalnya saja sekolah alam, dalam sekolah alam tidak hanya diajarkan tentang mata pelajaran saja tapi mempelajari tentang alam.

Mereka bisa terjun langsung untuk melakukan praktek seperti cara menanam padi. Mereka langsung menuju ke sawah untuk berlatih menanam padi yang sebelumnya telah diajarkan dalam teorinya.






Contoh lainnya yaitu menangkap ikan.
Orang-orang biasanya menangkap ikan dengan kail tapi di sekolah alam mereka terjun langsung ke kolam yang sudah disediakan oleh sekolah mereka dan mereka menangkap ikan dengan tangan mereka sendiri atau menggunakan seser.



 Dan masih banyak lagi kegiatan yang dilakukan dalam sekolah alam. 
Seperti gambar disamping adalah para siswa sedang memanen sayur-sayuran dan buah-buahan. Serta menanamnya kembali agar kedepannya bisa berbuah lagi.




 Pada saat istirahat, ada waktu luangnya untuk bermain dengan hewan-hewan disekitarnya. Seperti gambar disamping anak-anak sedang bermnain dengan kerbau untuk mengurangi rasa bosan ppada saat pembelajaran,
Pembelajaran di alam sangat mempengaruhi perubahan pola anak di sekitar lingkungannya. Disamping itu, banyak sisi positifnya untuk mencari bakat atau mengembangkan keterampilan yang dimiliki mereka.





Asyik bukan kalau education with traveling? Traveling gak harus jauh-jauh ke suatu tempat yang membutuhkan dana yang besar. Dengan pemandangan yang menarik dan suasana yang menyenangkan tentu kita akan lebih bersemangat laagi dalam pembelajaran. Tak hanya dengan traveling dengan bermain-main pun dapat melakukan pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar